Blogger Kuba Raih Penghargaan 'The BOBs Award' Untuk Kategori 'Best Weblog'


Blog berbahasa Spanyol asal Kuba,Generacíon Y, berhasil meraih penghargaan tertinggi "Best Weblog" dalam ajang kompetisi blog Deutsche Welle The BOBs tahun 2008. Sementara penghargaan Reporter Without Borders Award diberikan bersama kepada blog asal Iran, 4equality, dan blog asal Cina, Zengjinyan.

Dari lebih 500 blog berbahasa Indonesia yang terdaftar, para juri internasional memilih blog Media Ide sebagai Best Weblog B Indonesia. Blog ini berfokus pada isu-isu mengenai media baru, web 2.0, blogging dan online advertising.

Menurut laporan Budi Putra, blogger yang menjadi juri utama pada kompetisi itu, acara pengumuman pemenang The BOBs ke 5 ini diselenggarakan Radio Internasional Jerman Deutsche Welle di Museum Komunikasi Berlin, Kamis lalu.

Blog milik Yoani Sanchez, Generación Y, bercerita mengenai kehidupan sehari-hari kaum muda di Kuba. Para juri memuji gaya bahasa blog ini yang dinilai puitis serta memiliki isi yang tegas. Selain itu, blog ini dapat dianggap sebagai simbol kekuatan blogosfer secara keseluruhan.

Menanggapi kemenangannya ini pemilik blog ini, Sanchez menyatakan, penghargaan dapat memacu semangat para blogger di Kuba. "Suatu saat nanti, semua orang dapat menyatakan pendapatnya secara bebas tapa harus meminta izin terlebih dahulu. Dan penghargaan ini merupakan kontribusi penting dalam mencapai tujuan ini," katanya.

Best Videoblog direbut Voice of Afrika. Blog ini merupakan satu proyek bagi apa yang disebut 'wartawan warga' di Afrika. Mereka diberikan perlengkapan seperti handphone dan alat perekam digital. Dengan sarana yang diberikan ini, mereka dapat melaporkan peristiwa di sekitar mereka. Dan laporan ini dipergunakan oleh wartawan lokal sebagai bahan pemberitaan yang kemudian dipublikasikan dalam www.AfricaNews.com.

Sebagai Best Podcast adalah Radio Grinch dari Rusia. Blog ini berusaha mengembangkan podcast sebagai salah satu media jurnalis radio.

Blog Cina dan Iran

Dalam mendukung kebebasan berpendapat di seluruh dunia, bekerja sama dengan Reporter Lintas Batas, kali ini Deutsche Welle menganugrahkan Reporter Without Borders Award kepada blog asal Iran, 4equality, dan blog asal Cina, Zengjinyan. 4equality berusaha memperjuangkan kesetaraan gender dengan mengumpulkan satu juta tandatangan. Blog yang diurus oleh 50 anggota ini telah 17 kali diberangus oleh pemerintah Iran.

Sementara Zengjinyan, blog yang ditulis oleh istri dari peraih penghargaan Sacharov 2008, Hu Jia, mengupas kehidupan sehari-harinya di bawah pengawasan yang ketat dari pihak keamanan Cina.

Beberapa hari sebelum pengumuman pemenang, anggota juri asal Cina Shuguang Zhou dicekal pihak kemanan Cina dalam perjalanannya menuju Jerman. Walaupun begitu wartawan terkemuka Cina ini masih tetap dapat mengikuti jalannya sidang penentuan pemenang secara online. Sementara itu, Sekertaris Jenderal Reporter Lintas Batas menyatakan,

"Di banyak negara, para blogger dan desiden internet berusaha memperjuangkan kebebasan pers dan berpendapat. Kebebasan tidak dapat diraih tanpa kebebasan pers dan kebebasan berpendapat. Oleh sebab itu, kami sangat mendukung inisiatif yang dilakukan Deutsche Welle ini."

Best Weblog B. Indonesia

Ajang The BOBs kali ini juga dimeriahkan oleh blog-blog berbahasa Indonesia. Dari lebih 500 blog berbahasa Indonesia yang terdaftar, para juri internasional memilih blog Media Ide sebagai Best Weblog B. Indonesia. Blog milik Pitra Satvika (http://media-ide.bajingloncat.com) ini berfokus pada isu-isu mengenai media baru, web 2.0, blogging dan online advertising.

"Meski sebagian besar entrinya terinspirasi oleh trend global di bidang ini, tetapi blog Media Ide mencoba mengadaptasinya sesuai dengan konteks Indonesia. Saya merekomendasikan ini sebagai sebuah model bagi orang Indonesia dalam memulai blognya, khususnya yang tertarik dengan blok bertopik spesifik," kata Budi Putra, juri dari Indonesia, dalam acara pengumuman pemenang itu.

Sementara untuk kategori People Choice yang dipilih melalui online voting, blog berbahasa Indonesia yang menang adalah Maseko's Weblog (http://maseko.com).

Arti Penting dari Blog

Dalam acara penguman pemanang The BOBs 2008 di Berlin, turut hadir pemenang Best Weblog B. Prancis 2007 asal Kongo, Cedric Kalonji. Dalam kata sambutannya Kalonji menilai arti penting dari blog. "Blog dapat membangun jembatan penting antara Afrika dan benua lain. Pertukaran informasi antara negara dengan kultur yang berbeda akan meningkatkan saling pengertian. Selain itu, bentuk komunikasi seperti blog ini mempermudah kita untuk mengakses informasi penting," demikian dikatakan Kalonji. Sejak blognya terpilih sebagai Best Weblog B. Prancis dan terkenal, minat masyarakat dunia untuk lebih mengenal Kongo turut meningkat.

Lebih dari 8500 blog ikut dalam kompetisi The BOBs tahun ini, meningkat 20 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, juri internasional yang terdiri dari wartawan, pakar media dan blogger dalam setiap kategori telah dipilih 11 blog nominasi. Sementara voting online yang diikuti lebih dari 120.000 user memilih Science Squirrel sebagai Best Weblog The BOBs 2008. (kompas)

0 comments