Mengetes kehamilan

Mengetes kehamilan
Pada kehamilan akan ditemukan beberapa gejala dan tanda-tanda kehamilan. Bila Anda ragu-ragu apakah hamil atau tidak, sebaiknya perhatikanlah gejala atau tanda-tanda kehamilan berikut ini.
Beberapa gejala-gejala dini yang terjadi pada kehamilan:
• Tidak mendapat haid/menstruasi. Hal ini karena dinding rahim dipersiapkan untuk kehamilan. Penting untuk mengetahui hari pertama haid terakhir, yang dapat menentukan usia kehamilan dan perkiraan persalinan. Perlu diingat bahwa tidak mendapatkan haid, selain sebagai tanda awal kehamilan juga dapat disebabkan oleh hal lainnya.
• Mual dan muntah. Terjadi karena adanya perubahan hormonal. Dikenal sebagai “morning sickness” karena mual dan muntah, sering terjadi pada pagi hari pada bulan-bulan pertama kehamilan.
• Sering buang air kecil. Terjadi karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar. Keluhan biasanya akan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.
• Mengidam. Menginginkan makanan-makanan tertentu, terjadi pada bulan-bulan pertama.
• Tanda lainnya, seperti pembesaran payudara, puting membesar, berwarna lebih gelap dan kadang-kadang terasa gatal atau sakit.
Setiap wanita mempunyai gejala yang bervariasi, ada yang ringan atau berat, tapi ada pula yang tidak mempunyai keluhan. Bila gejala-gejala tersebut belum terdapat pada Anda, maka Anda dapat memastikan dengan test lainnya karena setiap ibu hamil mempunyai keluhan dan gejala yang berlainan.
Untuk memastikan kehamilan Anda, maka Anda dapat melakukan tes urine। Alat untuk test urine dapat Anda temukan di apotik dan Anda dapat melakukan tes ini sendiri di rumah.

Pemeriksaan test urin adalah dengan mengukur kadar HCG (human chorionic gonadotropin) yaitu hormon yang dihasilkan oleh plasenta dan akan meningkat dalam urine serta darah selama minggu pertama setelah konsepsi. Test ini paling akurat dilakukan pada pagi hari karena hormon ini meningkat jumlahnya pada pagi hari. Bila masih ragu-ragu, segera periksakanlah ke dokter Anda. Dokter akan dapat memastikan kehamilan Anda dengan USG ( Ultrasonografi ).

0 comments